14 Tips Memilih Nama Domain Dengan Benar dan Tepat

Memilih nama domain yang tepat – hal pertama kali jika Anda akan membeli nama domain, yaitu Anda harus benar-benar memikirkan apa yang sekiranya cocok digunakan untuk perusahaan, brand, toko online atau website pribadi untuk jenjang waktu yang lama.

Nama domain yang Anda pilih juga harus semenarik mungkin untuk mudah diingat, mudah ditemuan dan dipromosikan.

Untuk Anda yang pertama kali akan membeli domain pasti merasa bingung bagaimana memilih nama domain yang tepat untuk website Anda.

Saya juga merasakan apa yang Anda rasakan kog #apaan sih hehe 😀

Namun ada suatu hal yang akan membantu Anda menemukan ide apa yang cocok untuk nama domain yang akan Anda pakai. Iya , saya memakai konsep nama domain adalah nama identitas di internet.

Misalnya Anda akan membuat konten seputar masakan, jadi saya sarankan memakai domain resepmakanan.com atau jika membuat konten seputar blogging, gunakan saja domain belajarblogging.com dan seterusnya.

Oke tanpa basa basi, kita menuju ke pembahasannya saja. Terus simak sampai ke bawah.

14 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk menemukan nama domain yang benar dan sempurna untuk situs web baru Anda.

Gunakan nama domain yang brandable dan kreatif

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nama domain Anda merupakan identitas Anda di dunia online. Oleh karena itu, usahakan sebisa mungkin, gunakan nama merek dan kreatif agar Anda dapat membuat suatu merek (brand) dengan mudah.

Domain yang Anda pakai nanti akan menjadi nama yang diingat, dan di distribusikan oleh pelanggan dan pengunjung situs web Anda.

Apa yang dimaksud bermerek itu?

Nama domain yang unik dan menonjol dibandingkan dengan pesaing lainnya. Dengan nama yang unik, Anda akan mudah diingat dan mudah ditemukan oleh banyak orang.

Bagaimana Anda dapat menemukan nama yang unik?

Buatlah kata-kata baru. Anda dapat membuat kata-kata baru yang terdengar menarik untuk mendapatkan perhatian.

Contoh : Jual baju murah

Menggunakan generator nama domain

Ada banyak generator nama domain di Internet, dengan cara memasukkan kata apa saja untuk mencari nama domain yang tepat. Anda bisa mengunjungi tiga situs di bawah ini :
Domain Puzzler
NameStall
Domains Bot

NB : Untuk ketiga situs di atas, saya akan ulas kelebihan dan kekurangannya pada artikel berikutnya.

Menggunakan kata-kata yang menarik yang sudah ada

Anda dapat mencari kata-kata yang jarang digunakan, tetapi yang sesuai dengan bisnis Anda.

Contoh : Jasa SEO website sakti

Pastikan domain Anda mudah diketik

Mudah diketik maksudnya – Nama domain yang mudah ditulis dan diingat, guna membantu Anda mencapai kesuksesan di dalam dunia online. Jika Anda menggunakan ejaan bahasa gaul atau kata-kata yang memiliki ejaan berganda, akan sulit untuk diingat.

Gunakan nama domain yang pendek

Ada kemungkinan klien Anda tidak dapat mengingat domain Anda jika menggunakan nama domain yang panjang dan rumit. Namun sebaliknya, jika Anda menggunakan domain yang pendek, tentu saja klien atau orang yang tidak tahu Anda sebelumnya menjadi tahu. Saya sarankan pada saat memilih nama domain, nama domain Anda tidak boleh melebihi dari 17 karakter.

Gunakan kata kunci yang terkait dengan kebutuhan situs web Anda

Jika domain untuk keperluan situs web yang bersifat komersial, coba masukkan kata kunci yang terkait dengan bisnis dan layanan Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis masakan, masukkan kata kunci masakan di domain tersebut. Penggunaan kata kunci di dalam domain juga dapat membantu SEO situs web komersial Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian seperti Google. Secara tidak langsung juga akan meningkatkan traffic situs web Anda.

Gunakan nama domain dalam jangka panjang

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, penting memikirkan untuk nama domain yang akan Anda gunakan dalam waktu yang relatif lama. Pikirkan rencana untuk masa depan, untuk tujuan apa website Anda buat.

Apakah Anda berencana untuk berkembang? Misalnya, jika Anda berencana ingin mengembangkan bisnis di bidang SEO. Anda harus memasukkan keyword SEO di nama domain tersebut. Namun sebelum melakukan semua itu, ada baiknya Anda memikirkan ekspansi untuk masa depan.

Jika Anda menggunakan kata SEO di dalam nama domain yang inti konten website mengenai email marketing dan web development, maka saya rasa kata SEO tersebut kurang relevan. Sebaiknya Anda harus memikirkan dengan tepat dari awal nama domain yang cocok untuk branding dalam jangka panjang.

Targetkan area yang Anda tuju

Jika bisnis yang Anda kembangkan ini bersifat lokal, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan nama kota Anda di domain. Sehingga calon pelanggan dan pelanggan lokal dapat dengan mudah menemukan situs web Anda.

Gunakan nama domain yang mudah diingat

Hal ini hampir mirip dengan nama domain yang mudah diketik, namun belum tentu mudah diingat oleh kalayak publik. Ribuan hingga berjuta-juta orang di internet telah memakai nama domain seperti ini.

Cara untuk mengetas apakah domain tersebut mudah diingat yaitu dengan meminta pendapat kepada teman-teman Anda apakah nama domain tersebut sangat catchy dan gampang diingat atau belum. Jika menurut mereka iya, berarti Anda bisa menggunakannya.

Research

Pastikan nama domain yang Anda gunakan belum di trademark, copyright atau belum digunakan oleh persahaan lain. Jika Anda menggunakan nama domain yang telah digunakan, maka bisa saja Anda tekena pelanggaran.

Hindari penggunaan angka dan tanda hubung

Lebih baik untuk menghindari menggunakan angka dan tanda hubung. Sebisa mungkin jangan menggunakan angka dan tanda hubung dalam nama domain Anda. Penggunaan tanda hubung dapat membuat domain Anda lebih rumit. Bayangkan saja jika WhatsApp memiliki tanda hubung antara Whats dan App sehingga menjadi Whats-app.

Belum tentu mereka bisa menjadi setenar sekarang. Intinya, menggunakan tanda hubung dan angka di domain Anda dapat membuat nama domain Anda menjadi rumit.

Hindari penyalahgunaan yang mengandung hak cipta

Untuk masalah legalitas juga dipertimbangkan untuk menghindari hal-hal tersebut selain membuat nama domain yang rumit dan panjang. Untuk cara mengeceknya bisa melalui Google atau bisa menggunakan website https://namechk.com untuk mengecek apakah nama brand yang akan Anda gunakan masih tersedia sampai ke akun media sosialnya.

Periksa terlebih dahulu sebelum Anda menentukan nama domain, apakah nama tersebut sudah ada di social media dan apakah ada trademark yang telah terdaftar untuk nama domain itu.

Untuk membangun suatu merek, alangkah baiknya Anda memiliki nama yang sama di semua domain dan media sosial Anda.
Misalnya, fanspage Anda menggunakan nama Jual SoftCase Custom maka nama domain Customcase.com atau Customcase.biz

Ini akan memperkuat pencitraan merek dan memungkinkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan menemukan Anda dengan mudah di Web.

Gunakan ekstensi domain yang benar

Ekstensi yaitu akhiran yang ditemukan di domain seperti (.com, .net, .id, dll) di akhir alamat situs web. Meski ekstensi .com adalah ekstensi yang paling populer hingga saat ini, namun mendapatkan nama pendek dan mudah diingat dengan domain .com benar-benar lebih sulit karena ekstensi ini telah ada sejak lama.

Berikut ini adalah beberapa ekstensi yang sering digunakan dan bagaimana ekstensi itu digunakan:

  • ( .co ) digunakan untuk perusahaan, komunitas, dan situs web komersial
  • ( .info ) digunakan untuk situs web yang informatif
  • ( .net ) digunakan untuk situs web yang membahas atau menyediakan masalah teknis atau infrastruktur internet
  • ( .org ) digunakan untuk situs web organisasi non-komersial dan nirlaba
  • ( .biz ) digunakan untuk situs web bisnis dan komersial, seperti situs web e-commerce
  • ( .me ) digunakan untuk situs web pribadi/personal, blog, atau resume

Lindungi brand Anda

Sebaiknya membeli domain di beberapa ekstensi berbeda guna untuk melindungi brand Anda. Agar pesaing Anda tidak mendaftarkan versi lain dari domain situs web Anda. Selain itu, dengan mempunyai beberapa versi nama domain, visitor situs web Anda masih akan terhubung ke situs web Anda meskipun mereka membuat kesalahan ketik.

Baca Juga : Cara Setting SEO Dengan Plugin Yoast

Kesimpulan

Anda harus bergerak cepat dalam memilih nama domain yang Anda inginkan. Karena nama domain bisa cepat diambil orang lain. Jika Anda bingung tempat untuk membeli domain dengan harga terbaik, Anda bisa berkunjung klik DISINI. Selain menyediakan domain yang berkualitas, juga menyediakan hosting super duper cepat untuk website Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan dan semoga dapat membantu Anda yang ingin memilih nama domain yang tepat untuk website Anda.

Tinggalkan Balasan